Selasa, 12 Juni 2012

Manusia dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah suatu sifat terpuji yang sangat baik dan merupakan suatu yang mendasar dalam diri manusia, tanggung jawab akan selalu ada dalam diri manusia karena pada dasarnya setiap insan tidak bisa lepas dari sifat tanggung jawab.
                Pada dasarnya sifat tanggung jawab ada disetiap manusia, tinggal bagaimana manusia itu dapat mengeksplorasikan sifat tersebut. Ini yang menyebabkan frekuensi tanggung jawab setiap manusia berbeda.
                Manusia dan tanggung jawab memiliki hubungan yang sangat erat, karena tanggung jawab adalah suatu sifat mendasar dari manusia.
Macam-macam dari tanggung jawab adalah seperti berikut:
-          Tanggung jawab kepada Allah SWT (agama)
-          Tanggung jawab kepada diri sendiri
-          Tanggung jawab kepada keluarga
-          Tanggung jawab kepada sosial masyarakat
-          Tanggung jawab terhadap kelompok
-          Tanggung jawab kepada bangsa dan negara (pancasila)
-          Tanggung jawan kepada profesi
Tanggung jawab pada dasarnya wajib kita laksanakan sebagai mana mestinya, biasanya sikap tanggung jawab akan senantiasa dipertanyakan jika kita sedang atau sudah melakukan suatu hal baik itu hal yang sesuai dengan etika atau hal yang melanggar.
Kejiwaan, sifat dan pola hidup manusia biasanya adalah faktor utama bagaimana kita melaksanakan tanggung jawab kita sebagaimana mestinya.
Rasa tanggung jawab sangat penting bagi suatu kehidupan dimasyarakat. Setiap manusia pasti mempunyai tanggung jawab yang berbeda, hal ini sesuai dengan kegiatan atau hal yang dilakuakan manusia itu tersebut. Namun suatu tanggung jawab sangat wajib kita pakai dalam menjalani kehidupan bermasyarakat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar