Pada mata kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra saya mendapat tugas untuk membuat garis horizontal, garis vertikal, dan garis diagonal pada OpenGL. Jika sudah menginstal Dev C++ dan header openGL, maka kita akan mencoba untuk membuat file baru, caranya:
1. Klik menu File > Pilih New > Project.
2. Pilih tag Multimedia > lalu klik openGL dan beri nama Project.
Setelah itu kita membuat garis horizontal, vertikal dan diagonal sesuai tugas yang sudah diberikan:
Codingan untuk horizontal:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ( );
glClearColor (1,1,1,0);
glColor3f (1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ( );
glPopMatrix ( );
SwapBuffers (hDC);
Sleep(1);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ( );
glClearColor (1,1,1,0);
glColor3f (1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
glEnd ( );
glPopMatrix ( );
SwapBuffers (hDC);
Sleep(1);
Dengan posisi kodingan seperti:
Setelah semua source code sudah diketik. Maka program dapat di compile dan dijalankan. Berikut hasil dari source code tadi:
Kemudian kodingan untuk Vertikal adalah:
Kemudian kodingan untuk Vertikal adalah:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ( );
glClearColor (1,1,1,0);
glColor3f (1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ( );
glPopMatrix ( );
SwapBuffers (hDC);
Sleep(1);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ( );
glClearColor (1,1,1,0);
glColor3f (1,1,1); //
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
glVertex3f(0,0,0.0);
glEnd ( );
glPopMatrix ( );
SwapBuffers (hDC);
Sleep(1);
Setelah semua source code sudah diketik. Maka program dapat di compile dan dijalankan. Berikut hasil dari source code tadi:
Untuk Diagonal adalah:
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glPushMatrix ( );
glClearColor (1,1,1,0);
glColor3f (1,1,1);
glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
glEnd ( );
glPopMatrix ( );
SwapBuffers (hDC);
Sleep(1);
Setelah semua source code sudah diketik. Maka program dapat di compile dan dijalankan. Berikut hasil dari source code tadi:
Selesai.
Demikianlah
tulisan dalam tugas saya kali ini, semoga bisa berguna bagi pembaca
khususnya bagi saya sebagai penulis. Mohon maaf jika ada salah kata
dalam penulisan. Terima Kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar